Gambarku 1
Belajar Mengedit Gambar
Kupinang Kau Dengan Becak
Becakku Penyemangat Hidupku.
Gerobak Vs Ninja
Yang Mana Juara?
This is default featured slide 4 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 5 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 6 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 7 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
This is default featured slide 8 title
Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.
Senin, 31 Desember 2012
Ebook kumpulan pernak pernik blog
DAFTAR ISI
TIPS & TRIK BLOGING 1
1. Cara Memberikan Read More Otomatis (READ MORE) 2 1
2. READ MORE (2) 4
MEMULAI POSTINGAN 5
3. Script Anti Copas 7
4. Mengganti Icon Yang Tampil Di Address Bar 8
5. Menampilkan Icon Di Samping Judul Postingan 9
6. Judul Blog Bergerak Dari Kanan Ke Kiri 10
7. Cara Praktis Membuat Read More Di Setiap Postingan 11
8. Membuat Gambar Hidup Di Pojok Halaman Blog 13
9. Pingin Tahu Yang Pernah Copas Postingan Anda 14
10. Pingin Menghilangkan Tanggal Postingan...? 15
11. Pingin Menambah Gadget Di Bawah Header...? 16
12. Pingin Navbar Kelihatan Transparan...? 17
13. Pingin Link Berkedip Ketika Cursor Melintas...? 18
14. Pingin Mendisable Klik Kanan...? 19
15. Membuat Kolom Scroll 20
16. Cara Cepat Meletakkan Script Read More 21
17. Ciptakan Textarea Bersifat Read Only 22
18. Membuat Cursor Selalu Diikuti Oleh Text 23
19. Membuat Efek Salju Di Halaman Site 27
20. Efek Daun Dan Bintang Berjatuhan 28
21. Cursor Dengan Bintang Kecilnya 29
22. Mengganti Penampilan Cursor Lebih Menarik 30
23. Link Exchange Automatic Columns 31
24. Cara Membuat Tab Menu 32
25. Pentingkah Kolom Followers Dipasang..? 35
26. Membuat Exchange Link Banner Automatic 35
27. Emoticon Di Kotak Komentar 37
28. Emoticon Yahoo Di Kotak Komentar 39
29. Menambah Smile Cbox Dan Shoutmix 41
30. Translate Versi Google 42
31. Promosikan Blog Anda Sekarang Juga 57
32. Cara Praktis Memasang Recent Comment & Post 59
33. Link Pelangi Berkedip Cepat 60
34. 7 Artikel Saya Yang Bermasalah 61
35. Cara Membuat Tab Menu Navigator Horizontal 64 Pilihan
36. Cara Membuat Variasi Huruf 66
37. Memasang Jumlah Postingan & Komentar 68
38. Membuat Variasi Bingkai 70
39. Trik Jitu Menjadi Top Rank Di Top100 & TGS 72
40. Memberi Efek Samar Pada Gambar 75
41. Menghapus My Recent Document's Secara Cepat 78
42. Menampilkan Status YM Di Blog Dan FS 79
43. Merubah Status YM Menggunakan Plugin Winamp 83
44. Cari Tahu Status YM Teman Anda, Invisible Atau Offline 85
45. ID YM Aktif Lebih Dari Satu Di Perangkat Yang Sama 86
46. Alert Message Menghiasi Blog Dan FS 87
47. Trik menambahkan suara Salam Ramadhan & Selamat Berpuasa 88
48. Trik menambahkan suara ipin-ipun Assalamualaikum... atuk ooo atuk 88
Untuk mendawnload klik disini
Sabtu, 29 Desember 2012
Kumpulan Video dari OVJ
Opera Van Java [OVJ] Andre Dan Sule Follow Me
Lagu Baruku - Sule(Opera Van Java)
Senin, 24 Desember 2012
Cara Membuat Dua Nomor Halaman Kolom dalam Satu Lembar Kertas di MS Word
Tutorial ini akan membahas cara membuat dua buah kolom dengan nomor halaman seperti contoh gambar berikut. Dimana masing-masing kolom memiliki nomor halamannya sendiri. Metode ini bisa digunakan untuk membuat nomor halaman pada brosur, pamflet, booklet, atau leaflet, yang halamannya dibuat dengan menggunakan kolom, tabel, atau text box.
Berikut cara membuatnya.
Langkah-langkah:
- Buka dokumen MS Word yang berisi dua kolom atau buat kolom baru. Caranya: pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns dan pilih Two.
- Klik ganda pada footer atau pada Insert tab, Header & Footer grup, klik Footer, dan pilih Edit Footer.
- Selanjutnya kita akan membuat tabel untuk menampung nomor halaman. Pada Insert tab, Tables grup, klik Table, dan pilih tabel dua kolom dengan satu baris (2x1).
- Sisipkan nomor halaman pada kolom pertama (kiri):
- Tekan tombol Ctrl + F9 untuk membuat kurung kurawal ({}) dan beri tanda sama dengan (=).
- Dengan posisi kursor di samping tanda sama dengan (=), sisipkan nomor halaman. Pada Header & Footer Tools, Design tab, Header & Footer grup, klik Page Number, dan pilih Current Position – Plain Number.
- Tekan tombol Alt + F9 untuk melihat field codes dan tambahkan angka sehingga formula pada field code adalah: { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 2 - 1}.
- Untuk kolom dua (kanan), ulangi cara di atas dan ubah field code menjadi seperti ini: { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 2}.
Tip: untuk cara yang lebih cepat, copy paste formula kolom satu, baru kemudian ubah angkanya. - Tekan tombol Alt + F9 untuk menyembunyikan field codes dan tampilan nomor halaman pada kolom adalah seperti gambar berikut.
- Sekarang atur posisi nomor halaman. Klik pada nomor halaman di kolom satu dan tekan tombol CTRL + R untuk memindahkan posisinya ke ke sebelah kanan. Lakukan hal yang sama untuk kolom dua.
- Selanjutnya blok tabel dengan mengklik panah segi empat di sebelah kiri atas tabel. Pada Table Tools, Design tab, Table Styles grup, klik Borders, dan pilih No Border.
- Jika perlu atur margin kanan footer agar posisi nomor halaman
sejajar dengan isi kolom. Hasil akhirnya adalah seperti gambar berikut
ini.
Kesimpulan
Penggunaan formula pada field code membantu kita untuk membuat nomor halaman lebih dari satu pada lembar kertas yang sama. Cara ini juga bisa digunakan pada halaman yang memiliki tiga kolom atau lebih dengan menggunakan formula berikut.Formula untuk 3 kolom:
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 3 - 2}
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 3 - 1}
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 3}
Formula untuk 4 kolom:
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 4 - 3}
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 4 - 2}
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 4 - 1}
- { ={ PAGE \* MERGEFORMAT} * 4}
Untuk cara mencetak lebih dari satu halaman dalam satu lembar kertas tanpa menggunakan kolom, bisa dibaca pada tutorial in: Cara Mencetak Lebih Dari Satu Halaman Dalam Satu Lembar Kertas.
6 Fitur Baru Microsoft Word 2010
1. Navigasi
Fitur navigasi (Find, Thumbnails, dan Document Map) sangat membantu dalam pencarian atau berpindah pada dokumen yang memiliki jumlah halaman yang banyak. Selain mempermudah proses pencarian, Word 2010 juga menambahkan fitur-fitur baru yang mempermudah kita mengedit atau mengatur isi dokumen, yang semuanya cukup dilakukan di Navigation Pane saja.- Fitur-fitur baru untuk navigasi antara lain:
- Pencarian dengan metode incremental search, dimana Word 2010
akan meng-highlight satu atau beberapa teks yang sesuai dengan yang
dicari tanpa harus mengetikkan seluruh kata atau kalimat.
-
Memindahkan isi dokumen dengan cara drag dan drop di Navigation
Pane, tidak harus menggunakan copy paste lagi. Heading beserta isinya
akan ikut berpindah, begitu juga dengan nomor urut heading akan
disesuaikan secara otomatis.
-
Menambah heading atau section baru pada dokumen dengan cepat dan
mudah. Disamping itu, kita juga bisa mencetak, menghapus dan menyalin
heading berserta isinya.
2. Teks
- Fitur-fitur baru antara lain:
-
Pada Word 2010, kita dapat memformat teks dengan memberi efek
visual (shadow, reflection, dan glow) seperti di WordArt. Walaupun
tampilan teks seperti grafik, kita tetap bisa menggunakan fitur
pencarian serta Spelling & Grammar.
-
Format teks dengan menggunakan fitur OpenType: Ligatures, Stylistic Sets, Number Forms, dan Number Spacing pada OpenType font. Kita dapat memanfaatkan fitur ini untuk membuat tulisan indah seperti pada kartu ucapan dengan menggabungkannya dengan fungsi mail merge. Contohnya bisa dilihat pada tutorial ini: Memanfaatkan fitur OpenType pada Microsoft Word 2010 untuk Membuat Label Kartu Lebaran.
3. Gambar
- Fitur-fitur baru antara lain:
- Bila pada Word 2007, kita bisa memberi efek Glow, 3-D Rotation,
Reflection, dan sebagainya, pada gambar. Maka Word 2010 menambahkan
lagi dengan 20 lebih efek artistik, antara lain: Pencil Sketch, Cement,
Photocopy, dan lain-lain.
- Pilihan yang lebih beragam untuk mengoreksi warna gambar (Color: Saturation, Tone, atau Recolor; Corrections: Sharpen & Soften, Brightness & Contrast).
- Fitur untuk menghapus background gambar.
4. Perbaikan Fitur Diagram SmartArt
Note: Diagram SmartArt juga bisa digunakan di MS Outlook, MS PowerPoint dan MS Excel.- Fitur-fitur baru antara lain:
- Pengaturan posisi isi diagram SmartArt yang lebih mudah dengan penambahan opsi Move Up dan Move Down.
-
Kualitas gambar yang lebih bagus, tidak lagi diperkecil atau
diperlebar seperti di Word 2007, saat disisipkan pada diagram.
Perbandingannya bisa dilihat pada gambar berikut ini.
-
Word 2010 menambahkan 50 diagram SmartArt hingga totalnya menjadi 130 lebih. Pada daftar ada kategori baru: Picture, diagram SmartArt yang difokuskan untuk gambar.
-
Dapat mengkonversi gambar ke bentuk SmartArt dengan tambahan opsi Picture Layout.
5. Format Nomor
Pada Word 2007 jumlah digit penomoran hanya sampai 2 digit saja (01, 02, 03, ...). Pada Word 2010, kita bisa menentukan format penomoran sampai dengan 5 digit (00001, 00002, ...).6. Screen Clipping Tool
Tool ini bermanfaat untuk mengambil screenshot layar aplikasi yang sedang aktif (tidak di-minimized). Kita bisa menggunakan tool ini untuk mengambil gambar seluruh layar atau bagian tertentu saja, dimana MS Word 2010 akan menyisipkannya secara otomatis ke dalam dokumen. Tool ini sangat membantu untuk membuat materi pembelajaran/tutorial yang memerlukan banyak gambar screenshot layar aplikasi, baik aplikasi seperti MS Office maupun halaman web.Dasar-dasar Microsoft Word 2003
Apabila Anda baru mengenal penggunaan mouse, ada beberapa istilah yang perlu diketahui, yaitu:
-
Click (Klik) = Menekan tombol kiri mouse satu kali.
-
Right Click (Klik kanan) = Menekan tombol kanan mouse satu kali.
-
Double Click (Klik ganda) = Menekan tombol kiri mouse dua kali berturutan secara cepat tanpa mengeser mouse.
-
Drag (Geser) = Tekan tombol mouse (jangan dilepas) dan geserkan mouse ke posisi yang diinginkan.
Membuat Dokumen Baru (Create)
-
Klik tombol New pada Standard Toolbar.
-
Pada Task pane klik Create a new document dan pilih Blank Document.
-
Tekan Ctrl + N pada keyboard.
Membuka Dokumen (Open)
-
Ada beberapa cara untuk membuka sebuah dokumen, yaitu:
-
Klik tombol Open pada Standard Toolbar.
-
Pada Task pane klik Open atau More.
-
Dari menu File klik perintah Open.
-
Tekan Ctrl + O pada keyboard.
-
Klik tombol Open pada Standard Toolbar.
-
Pada layar Open, klik tanda panah pada Look in, kemudian klik drive atau folder lokasi dokumen Anda berada.
-
Klik dokumen yang diinginkan, kemudian klik Open. Anda juga bisa mengklik ganda dokumen yang diinginkan.
Menyimpan Dokumen (Save)
-
Ada beberapa cara untuk menyimpan sebuah dokumen, yaitu:
-
Klik tombol Save pada Standard Toolbar.
-
Dari menu File klik perintah Save.
-
Tekan Ctrl + S pada keyboard.
-
Klik tombol Save pada Standard Toolbar.
-
Jika Anda tidak ingin menyimpan dokumen pada default folder (My Documents), klik tanda panah pada Save in, kemudian pilih drive atau folder lokasi dokumen yang akan Anda simpan. Ketik nama dokumen pada kotak File name, kemudian klik Save.
Melihat Tampilan Dokumen (View)
- Ada beberapa cara untuk melihat tampilan dokumen pada Word:
-
Normal View, dokumen akan ditampilkan dalam format sederhana dan tidak ada batas halaman.
-
Print Layout View, dokumen akan ditampilkan
seperti jika dokumen tersebut dicetak. Semua bagian halaman akan tampak
pada posisi sebenarnya, misalnya header, footer, kolom dan kotak teks.
-
Web Layout View, dokumen akan ditampilkan dalam web browser dan tanpa pembatas halaman.
-
Outline View, dokumen akan ditampilkan dalam
bentuk outline. Pada tampilan ini akan ditampilkan judul-judul untuk
mewakili level-level dalam struktur dokumen.
-
Normal View, dokumen akan ditampilkan dalam format sederhana dan tidak ada batas halaman.
-
Untuk memilih salah satu tampilan di atas, Anda dapat menggunakan perintah pada menu View atau dengan mengklik tombol pada Page Layout.
Berpindah dalam Dokumen
-
Menggunakan Perintah Go to
-
Dari menu Edit pilih Go To atau tekan Ctrl + G atau F5.
-
Tentukan pilihan Anda pada kotak Go to what.
-
Masukkan angka pada kotak Enter number atau tekan tombol Previous/Next.
-
Tekan tombol Close untuk menutup kotak dialog.
-
Dari menu Edit pilih Go To atau tekan Ctrl + G atau F5.
-
Menggunakan Keyboard Shortcut Keys
-
Home (Berpindah ke awal baris)
-
End (Berpindah ke akhir baris)
-
Ctrl + Home (Berpindah ke awal dokumen)
-
Ctrl + End (Berpindah ke akhir dokumen)
-
Ctrl + Page Up (Berpindah ke awal halaman sebelumnya)
-
Ctrl + Page Down (Berpindah ke awal halaman berikutya)
-
Page Up (Berpindah satu layar ke atas)
-
Page Down (Berpindah satu layar ke bawah)
-
Home (Berpindah ke awal baris)
Memilih Teks dalam Dokumen
-
Memilih satu kalimat: Tahan tombol CTRL dan klik di mana saja dalam kalimat yang ingin dipilih.
-
Memilih satu baris kata: Pindahkan pointer ke sebelah kiri baris sampai berubah menjadi panah arah kanan dan kemudian klik.
-
Memilih satu paragraf: Pindahkan pointer ke sebelah kiri baris
sampai berubah menjadi panah arah kanan dan kemudian klik ganda. Atau
klik tiga kali berturutan secara cepat di mana saja dalam paragraf.
-
Memilih lebih dari satu paragraf: Pindahkan pointer ke sebelah
kiri baris sampai berubah menjadi panah arah kanan, kemudian klik dan
tarik ke atas atau ke bawah.
-
Memilih sejumlah besar teks: klik di bagian awal pilihan, gulung sampai bagian akhir pilihan, tahan tombol SHIFT dan klik.
-
Memilih seluruh isi dokumen: tekan CTRL + A.
-
Memilih satu kata: Klik ganda mouse pada kata yang ingin dipilih.
Mengenali Layar Kerja Microsoft Word 2007
-
Office Button: Button ini menggantikan fungsi
menu File pada versi sebelumnya. Klik button ini untuk menampilkan
perintah-perintah dasar, seperti open (membuka dokumen), save
(menyimpan), print (mencetak) dan juga Word Options.
Pada menu Word Options, Anda dapat menggunakan Auto Correct atau pengaturan lainnya seperti spelling yang biasanya terdapat di Options pada menu Tools.
-
Quick Access Toolbar: Berisi perintah-perintah
yang sering digunakan, seperti Save, Undo, Redo, Open, dan sebagainya.
Anda dapat menambah perintah dengan mengklik tanda panah di sampingnya
atau klik kanan perintah yang ingin Anda taruh dan pilih Add to Quick
Access Toolbar.
-
Ribbon: Terdiri dari enam Tabs (Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review dan View) yang memiliki Groups masing-masing, seperti pada tab Home berupa Font, Paragraph,Styles dan sebagainya.
- Dialog Box Launcher: Tanda panah kecil pada sudut kanan bawah setiap Group ini menunjukkan pilihan-pilihan lain yang tersedia pada group tersebut. Klik tanda panah ini untuk memunculkan sebuah kotak dialog atau task pane.
- Status Bar: Berisi keterangan status dokumen yang sedang Anda lihat, seperti:
-
Page, menunjukkan nomor halaman dari total halaman. Klik tombol ini untuk memunculkan kotak dialog Find and Replace.
-
Words, menunjukkan jumlah kata pada dokumen. Klik tombol ini untuk memunculkan kotak dialog Words Count.
-
Tombol Spelling & Grammar, memeriksa ejaan dan tata bahasa.
-
Page, menunjukkan nomor halaman dari total halaman. Klik tombol ini untuk memunculkan kotak dialog Find and Replace.
-
View Buttons: berisi tombol-tombol untuk melihat berbagai tampilan dokumen pada Word 2007.
-
Klik tombol Zoom Out untuk memperkecil tampilan atau Zoom In untuk memperbesar tampilan. Anda juga dapat menarik Zoom Slider untuk memperbesar atau memperkecil tampilan.
- Menggunakan Keyboard
-
Shortcuts yang dimulai dengan CTRL (seperti CTRL+C untuk menyalin) masih sama dengan versi Word sebelumnya.
Namun untuk shortcuts yang dimulai dengan ALT ada perubahan (sebagian besar shortcut pada Office 2003 yang dimulai dengan ALT masih bisa digunakan). Akan tetapi pada Office 2007, Anda diberi kemudahan dengan adanya petunjuk (Key Tips) yang ditampilkan di layar saat Anda menekan tombol ALT (lihat gambar di bawah), sehingga Anda tidak perlu menghapal shortcuts.
-
Misalnya, Anda ingin menampilkan group Page Layout. Tekan tombol ALT untuk memunculkan Key Tip, kemudian tekan huruf P.
- Untuk menghilangkan key tips, tekan tombol ALT.
- Perlu diingat:
-
Pada Word 2007, Anda dapat membuka dokumen yang dibuat pada versi sebelumnya (Word 95 - Word 2003).
-
Saat Anda menyimpan dokumen dengan format versi sebelumnya, maka
fitur-fitur pada Word 2007 yang tidak sesuai dengan versi sebelumnya
tidak dapat digunakan.
-
Dokumen yang disimpan dengan format Word 2007, tidak dapat dibuka
pada Word versi sebelumnya. Sebaiknya Anda menyimpan dokumen pada
format Word 97-2003 Document juga, sebagai cadangan jika komputer lain
yang akan membuka dokumen ini belum memiliki Office 2007.
Staf Pengajar
Kursus Komputer
- Dahlia
- Kasturi, S.Pd.I
- Apridah
- Hasan Basri
- Asri
- Susniati, S.Pd.I
- Masyita, S.Pd.I
- Salmi
- Sugianti
- A. Nurbudiman, S.Pd (English For Communication)
- Syamsidar, SE, S.Pd (Management, Kewirausahaan)
- A. Ernimurwani, S.Pd (Public Relation, Personality Development)
- Ratnadewi, S.Pd (English For Bussiness)
- Kasturi, S.Pd.I (Microsoft, Office)
- Masyita, S.Pd.I (English For Communication)
- Apridah (Akuntansi, Microsoft Office, Corel Draw)
- Dahlia (Photoshop)
- Hasan Basri (Internet, Blog Design, Teknisi Komputer, Jaringan Komputer, Corel Draw, Macromedia Flash, ACDSee (Photo Editor & Capture), Video Editing & Aplikasi Kewirausahaan).